Kalau Tidak Suka, Jangan Kau Aniaya

Baru-baru ini viral video seekor anjing yang dianiaya oleh seorang pengendara sepeda motor. Tampak seorang wanita mengendarai sepeda motor dengan menyeret seekor anjing dengan tali di lehernya sehingga anjing itu tampak terengah-engah kelelahan.

   
Di sisi lain ada berita tentang seekor kucing yang mengeong kesakitan karena luka parah di kepalanya gegara dipukul orang. 

   
Apapun alasannya menganiaya binatang adalah tindakan yang dilarang, jangankan menganiaya, untuk menyembelih ayam atau kambing pun diharuskan untuk memastikan alat (pisau atau berang) yang digunakan untuk menyembelih harus tajam, lagi pula hendaknya menyembunyikan pisau agar binatang yang hendak disembelih tidak melihatnya lalu ketakutan.

Hadits nabi:

وَعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم  قَالَ:  لَا تَتَّخِذُوا شَيْئاً فِيهِ اَلرُّوحُ غَرَضًا رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya:
Dari Ibnu Abbas Radliyallahu anhuma berkata, sesungguhnya Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Jangan kalian menjadikan binatang bernyawa sebagai sasaran bulan-bulanan”.  (HR Muslim)

Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


https://jateng.nu.or.id/taushiyah/kalau-tidak-suka-jangan-kau-aniaya-QYM7q

Author: Zant