Rektor Unisma Ulas Keberkahan dari Khatmil Qur’an

Malang, NU Online Jatim

Ratusan jamaah putra dan putri berbondong-bondong mengikuti Khatmil Qur’an bersama Majelis Semaan Al Qur’an dan Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab yang diselenggarakan Universitas Islam Malang (Unisma) di Masjid Ainul Yaqin, Senin (13/05/2024).

Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri bersyukur lantaran Majelis Semaan Al Qur’an dan Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab berkenan hadir setiap tahun di Unisma. Ia menyebut, di dalam Al Qur’an terdapat ungkapan bahwa Allah SWT mewariskan suatu kitab kepada orang-orang yang terpilih di antara hamba-Nya.

“Mudah-mudahan kita termasuk yang terpilih. Ketika kita terpilih, maka bagaimana kita bisa menjaga Al Qur’an,” ujarnya.

Menurutnya, dalam hadits juga dijelaskan, sebaik-baiknya manusia itu yang dalam satu bulan bisa mengkhatamkan Al Qur’an. Semulia-mulia manusia bisa mengkhatamkan Al-Qur’an dalam 7 hari, apalagi bisa mengkhatamkan Al-Qur’an dalam sehari.

“Mudah-mudahan kita termasuk hamba Allah yang diberikan mahkota karena mencintai Al-Qur’an,” terangnya.

Sementara dalam kesempatan ini, Khodimul Majelis Semaan Al Qur’an dan Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab, Gus Sabuth Panoto Projo mengingatkan agar selalu berprasangka baik kepada orang lain. Beruntunglah Unisma memiliki bapak rektor. Di dalam menyampaikan fatwa tidak ada satupun kalimat yang merendahkan sesama.

“Semisal kita di tuakan oleh umat, jadi sesepuh umat, tugas kami hanya menyampaikan dawuh-Nya melalui Al-Qur’an. Hanya menyampaikan dawuh Rasulullah melalui hadistnya. Perkara yang kita sampaikan spontanitas berubah atau tidak itu urusan Allah,” tuturnya.

“Tugas kita hanya menyampaikan dawuh Allah, meneruskan dawuhnya Rasulullah. Perkara orang itu bagaimana, itu di luar kekuasaan kita,” tambahnya.


https://jatim.nu.or.id/pendidikan/rektor-unisma-ulas-keberkahan-dari-khatmil-qur-an-U6GyK

Author: Zant