NU Tuban Jatim Bantu Mesin Tempel Perahu untuk Madrasah Diniyah Terapung Timbulsloko Demak  

Demak, NU Online Jateng 
Warga Nahdlatul Ulama (nahdliyyin) Kabupaten Tuban, Jawa Timur memberikan bantuan mesin tempel perahu motor dan dana kepada Madrasah Diniyah Terapung Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Demak melalui siaran pers yang diterima redaksi NU Online Jateng, Ahad (2/6/2024) malam menginformasikan, bantuan itu disalurkan melalui LAZISNU Tuban dan diserahkan kepada madrasah terapung Timbulsloko melalui LAZISNU Demak  di lokasi bencana air laut pasang (rob) di Desa Timbulsloko.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Demak KH Aminuddin Mas’udi mengatakan, atas nama warga PCNU Demak menyampaikan terima kasih kepada warga NU Tuban yang hadir membersamai nahdliyin Demak dalam melakukan advokasi kepada warga terdampak bencana rob yang semuanya warga NU.

“Bantuan dari saudara-saudara kita dari Tuban ini  merupakan bagian dari wujud kehadiran NU di tengah-tengah masyarakat Timbulsloko yang sedang menghadapi masalah berat,” kata Kiai Aminuddin setelah prosesi penyerahan bantuan itu di lokasi bencana rob.

Menurutnya, wilayah Desa Timbulsloko merupakan salah satu desa di Kecamatan Sayung yang kerusakan lingkungannya sangat parah akibat banjir rob, penghuninya tinggal 98 KK. Akses dengan wilayah desa sekitarnya terputus karena genangan air laut pasang yang tak pernah surut.

Jalur darat keluar masuk desa yang ada lanjutnya, tidak bisa dilewati, warga yang akan melakukan berbagai aktivitas keluar wilayah harus menggunakan perahu motor. Karena itu bantuan berupa mesin tempel perahu motor dari Tuban ini tepat sekali karena langsung dapat dimanfaatkan.
 

Ditambahkan, di tengah menghadapi musibah itu warga NU Timbulsloko yang bertahan di lokasi bencana rob berhasil mempertahankan keberadaan madrasah diniyah sebagai wahana untuk mencerdaskan dan membentuk karakter warga.

“Sarana satuan pendidikan itu konstruksi bangunannya terapung di atas genangan air laut pasang, sehingga pemilik masa depan NU di sini bisa belajar dan ngaji dengan nyaman. PCNU Demak akan terus mendampingi mereka,” terangnya.

Ketua LAZISNU Tuban Joko menjelaskan, bantuan perahu bermesin tempel merupakan amanah dari para donatur di  wilayah Tuban kepada masyarakat Demak yang terdampak banjir. Masyarakat Tuban dengan kemampuan yang dimiliki melalui LAZISNU memberikan bantuan kepada saudara-saudaranya di Demak yang hidup dalam kepungan air rob.

Semoga bantuan uang tunai dan mesin tempel perahu ini ujarnya, dapat memudahkan akses warga yang hendak ke daratan, karena saat ini hanya tersedia 1 mesin perahu dan itu digunakan setiap hari oleh semua warga setempat untuk memenuhi kebutuhannya.

Ketua LAZISNU Kabupaten Demak Teguh Ali Irfan mengatakan, LAZISNU Demak selalu siap menjalin kolaborasi dengan  berbagai mitra untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada warga terdampak bencana. 

“Menjadi komitmen LAZISNU Demak untuk menyalurkan amanah dari para dermawan, untuk membantu masyarakat yang sedang tertimpa musibah,” pungkasnya.

Pengirim: M Ashar


https://jateng.nu.or.id/regional/nu-tuban-jatim-bantu-mesin-tempel-perahu-untuk-madrasah-diniyah-terapung-timbulsloko-demak-xb0nw

Author: Zant