PWNU Jawa Tengah dan Undip Siap Kerja Sama Multisektor

Semarang, NU Online Jateng

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Abdul Ghaffar Rozin (Gus Rozin) bersilaturahim dengan Rektor Universitas Diponegoro Prof Suharmono. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Rektorat Undip, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Gus Rozin menyampaikan bahwa kehadirannya ke Undip bersama pengurus PWNU Jawa Tengah dalam rangka berbincang mengenai keumatan.

“Untuk membicarakan beberapa hal isu keumatan yang dihadapi, yang berada di Jawa Tengah, khususnya Nahdliyin, apa yang bisa dilakukan bersama,” katanya.

Gus Rozin bersyukur dan berterima kasih kepada Rektor Undip atas sambutannya yang positif. Perbincangan yang hangat dan diselingi tawa memunculkan sejumlah ide yang bakal ditindaklanjuti.

“Ada beberapa gagasan yang muncul yang insyaallah akan kita pertajam,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Pati, Jawa Tengah itu.

Menyambut Gus Rozin, Suharmono mengaku siap bekerja sama dengan PWNU Jawa Tengah di multisektor. Hal itu meliputi pengembangan dan penguatan perguruan tinggi, hingga pemberdayaan masyarakat di wilayah pesisir hingga pertanian.

“Dari pendidikan tinggi yang berafiliasi dengan NU, pengentasan kemiskinan, beberapa program teknologi,” katanya.

Kerja sama ini juga merupakan sarana penting bagi Undip menuju visi bermartabat dan bermanfaat. Sebab, ia tidak ingin hasil riset akademisi Undip hanya berhenti di laboratorium saja, tetapi masyarakat perlu menikmati hasilnya.

“Kita ingin Undip bermanfaat. Tepat sekali menggandeng PWNU Jawa Tengah mengentaskan kemiskinan di Jawa Tengah dan juga pemberdayaan umat,” ujar pakar manajemen sumber daya manusia itu.

 

Sebagai informasi, Suharmono juga merupakan salah satu A’wan Syuriyah PWNU Jawa Tengah. Ia mengaku sudah lama aktif di Persatuan Guru NU (Pergunu), sejak tahun 2015.

Dalam kunjungan tersebut, Gus Rozin didampingi jajaran sejumlah pengurus tanfidziyah PWNU Jawa Tengah. Pertemuan tersebut berlangsung sekitar 60 menit.


https://jateng.nu.or.id/nasional/pwnu-jawa-tengah-dan-undip-siap-kerja-sama-multisektor-hE6Eb

Author: Zant