LPM MADDA ITSNU Pekalongan Luncurkan Buletin Jendela Mahasiswa sebagai Wadah Kreativitas Mahasiswa 

Pekalongan, NU Online Jateng

Lembaga Pers Mahasiswa MADDA Institut Teknologi Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pekalongan menggelar acara Launching Buletin & Workshop Jurnalistik yang  bertempat di Aula gedung A lantai 3 ITSNU Pekalongan, Minggu (23/6/2024). Peluncuran buletin ini bertujuan untuk menjadi wadah kreativitas dan informasi bagi mahasiswa, serta memotivasi mereka untuk aktif dalam dunia jurnalistik.

Pembina MADDA Husni Hidayat M.Kom meresmikan buletin tersebut dan menekankan supaya mahasiswa dapat istiqomah dalam berkarya, harus punya komitmen yang tinggi terhadap UKM MADDA .

“Harapan kami adalah agar mahasiswa tetap istiqomah dalam berkarya. Meskipun pelan dan sedikit, yang penting terus berlanjut hingga akhirnya bisa mencapai tujuan. Komitmen harus jelas,” ujarnya.

Husni menambahkan bahwa ITSNU boleh kampus kecil, tetapi karya yang harus dibuat oleh mahasiswa harus besar semangatnya harus dipacu, apapun yang terjadi tetap jaga kekompakkan. “Kalau kamu sudah kepikiran ini UKM harus gimana berarti kamu sudah punya rasa memiliki MADDA,”tambahnya.

Buletin “Jendela Mahasiswa” merupakan hasil kerja keras dari divisi Jurnalistik UKM MADDA dan diharapkan dapat menjadi referensi bagi anggota baru. Ketua UKM MADDA Putri Cahyaning Tyas menyampaikan harapannya agar buletin ini dapat diterima di internal kampus maupun khalayak umum.

“Saya mewakili tim redaksi mohon maaf jika masih ada kekurangan dalam buletin ini, namun semoga karya ini dapat diterima dengan baik. Kami berharap buletin ini bisa menjadi acuan bagi anggota baru agar di periode selanjutnya bisa menerbitkan karya buletin lagi,” ucap Putri.

Kontributor NU Online Jateng, Khairul Anwar, yang juga menjadi narasumber pada acara tersebut, menekankan pentingnya keterampilan penulisan berita bagi pengurus dan anggota UKM MADDA. 

“Dalam dunia jurnalistik, khususnya dalam penulisan berita, ada yang namanya 5W+1H. Unsur-unsur ini harus teman-teman lakukan ketika menulis berita,” jelasnya.

Sementara itu, Ribut Achwandi, narasumber kedua, memberikan materi tentang penulisan artikel populer dan mendorong mahasiswa untuk mulai menulis dari hal-hal yang mereka sukai. “Dunia akademik tidak bisa lepas dari kegiatan menulis. Maka, mahasiswa harus punya keinginan atau motivasi untuk menulis,” katanya.

Dengan peluncuran buletin “Jendela Mahasiswa,” ITSNU Pekalongan berharap dapat mendorong semangat berkarya di kalangan mahasiswa, serta menjaga kekompakkan dan semangat berkreativitas dalam bidang jurnalistik. Kegiatan yang diikuti oleh 30 peserta ini juga diisi dengan pembacaan karya puisi oleh Qoridzul Yumna sebelum materi disampaikan.

 


https://jateng.nu.or.id/regional/lpm-madda-itsnu-pekalongan-luncurkan-buletin-jendela-mahasiswa-sebagai-wadah-kreativitas-mahasiswa-l1Uzz

Author: Zant