RMINU dan FKDT Cari Bibit Unggul Lewat Porsamadin 2024 Tingkat Kabupaten Kendal 

Kendal, NU Online Jateng

Ratusan santri dari Madrasah Diniyah se-Kabupaten Kendal mengikuti kompetisi dua tahunan Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Diniyah (Porsamadin) 2024 Tingkat Kabupaten Kendal. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kendal, Jawa Tengah bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPC FKDT) Kendal.

Porsamadin Kabupaten Kendal 2024 dibuka secara resmi oleh Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kendal, H Mahrus dan bertempat di Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) Patebon Selasa, (9/7/2024). 

Dengan mengangkat tema ‘Jayakan Negeri Dengan Budi Pekerti dan Diniyah yang Berprestasi’ ajang ini dikuti oleh peserta lomba dari seluruh Madrasah Diniyah (Madin) yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Kendal. 

Kepala Kemenag Kabupaten Kendal H Mahrus berharap, melalui ajang ini para santri bisa mendapatkan keterampilan lain berupa seni dan olah raga, sehingga santri di Kabupaten Kendal bisa semakin berkembang.

“Kegiatan ini sangat diperlukan, karena santri kita tidak hanya mendapatkan materi pelajaran saja, santri-santri kita juga butuh keterampilan yang berkaitan dengan seni dan olah raga. Sehingga mereka mempunyai jiwa dan fisik yang balance, dan mendapatkan kesempatan untuk berkembang secara seimbang,” kata H. Mahrus. 

Pada ajang Porsamadin Kabupaten Kendal 2024 ini terdapat 18 cabang perlombaan yang dipertandingkan, yang terdiri dari Tahfiz Juz Amma, Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Murottal Wa Imla’, Hafalan Aqidatul Awam, Asmaul Husna, Cerdas Cermat Diniyah, Kaligrafi, Baca Puisi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Jawa, Catur Cepat, Lari Sprint, Bulutangkis dan Tenis Meja.

Pada kesempatan yang sama, Ketua RMI PCNU Kendal KH Abdur Rochim menambahkan, melalui ajang ini para peserta bisa meningkatkan mental ketika berhadapan dengan masyarakat, atau dengan kata lain, semakin tinggi jam terbang dalam bertanding maka mentalnya semakin kuat.

“Acara ini juga selain sebagai sarana silaturahmi juga menjaring bibit unggul di Kabupaten Kendal dalam bidang seni dan olah raga. Para juara ini nantinya untuk mewakili Kendal menuju Porsamadin tingkat Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 September di Kabupaten Banjarnegara,” kata Kiai Rochim.

Porsamadin juga merupakan ajang penyaluran minat dan bakat para santri dan wadah potensi dari para santri Kendal. Ajang ini diharapkan dapat menjadi media untuk mengevaluasi kegiatan belajar mengajar tentang pemahaman materi belajar.

“Menang kalah itu hal biasa, yang menang untuk membumi yang kalah jangan berkecil hati. Terus tingkatkan kemampuannya, semakin banyak ikut kompetisi insya Allah banyak yang melirik atas prestasi yang dicapai para peserta,” tandas pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Patebon itu.

Sementara, Ketua PCNU Kendal KH Mukh Mustamsikin berharap nantinya dari kegiatan ini bisa melahirkan bibit-bibit unggul yang mengharumkan nama Kendal pada masa mendatang di tingkat Provinsi, maupun Nasional.

Pada ajang Porsamadin Kabupaten Kendal 2024 ini, peserta dari Kecamatan Patebon menjadi juara umum dengan mendapat peringkat juara satu pada 8 lomba, dari 17 lomba yang diikuti. Keberhasilan peserta dari Kecamatan Patebon juga bukan hanya tahun ini saja mendapat peringkat juara umum, namun juga pada ajang Porsamadin musim sebelumnya. 

“Alhamdulillah dari 17 cabang yang diikuti tim Porsamadin Kecamatan Patebon meraih juara satu di 8 cabang lomba yang akhirnya menyabet juara umum, untuk yang kesekian kalinya di tahun 2022 dan tahun ini 2024, ” kata Tim Pemenangan DPAC FKDT Kecamatan Patebon, Muntholib.


https://jateng.nu.or.id/regional/rminu-dan-fkdt-cari-bibit-unggul-lewat-porsamadin-2024-tingkat-kabupaten-kendal-ld6f4

Author: Zant