Gelar MPLS, Ratusan Pelajar SMK 2 YPM Sidoarjo Surati Mendikbud

Sidoarjo, NU Online Jatim

Ratusan siswa SMK Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (YPM) 2 Taman, Sidoarjo menulis surat terbuka kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim. Melalui surat tulisan tangan tersebut mereka menyampaikan curahan hati, permintaan sekaligus harapan.

 

Sejumlah harapan ditulis para siswa mulai dari pembuatan aplikasi khusus yang mengangkat hasil karya siswa, pemberian beasiswa dan bantuan modal Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga pelatihan berkelanjutan bagi guru dalam rangka menyukseskan program Kurikulum Merdeka.

 

Dalam pantauan NU Online Jatim, para siswa SMK YPM 2 atau SMK Pariwisata Taman terlihat sedang asyik duduk lesehan menulis surat secara bersama-sama di aula sekolah mereka, Kamis (18/07/2024).

 

“Saya berharap pemerintah bekerja sama dengan pembuat aplikasi berbasis online khusus yang berisi hasil karya atau produk siswa. Bisa juga melakukan pemberian beasiswa dan juga pendampingan untuk modal usaha, serta pendampingan atau latihan khusus dan kurasi usaha,” tulis Nabila Lutfia Rahman, siswa kelas X Tata Boga dalam suratnya tersebut.

 

Adapun siswa lainnya, Vera Rahmatul Aulia, siswa kelas X Tata Busana mengusulkan agar pemerintah memberikan pelatihan yang memadai kepada guru agar siap dan mampu menerapkan Kurikulum Merdeka dengan efektif.

 

“Saya berharap kebijakan Kurikulum Merdeka dapat berjalan dengan baik dan membawa perubahan positif dalam pendidikan di Indonesia,” katanya.

 

Sementara, Kepala SMK YPM 2 Taman, Nurmusolin, mengungkapkan, surat terbuka yang ditulis siswa tersebut merupakan salah satu tugas yang diberikan pihak sekolah bagi murid baru dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun 2024 yang diikuti kurang lebih 200 orang peserta. Ia menambahkan, tulisan-tulisan itu ada yang ditujukan ke Presiden, Mendikbud dan Bupati Sidoarjo.

 

“Kami harap panitia menindak lanjuti surat-surat tersebut sampai terdengar oleh Kemendikbud, karena tulisan tersebut adalah murni dari suara hati para siswa. Memang sebaiknya, Kurikulum Merdeka tidak dilepas begitu saja tapi ada pelatihan bagi guru agar lebih memahaminya,” ungkapnya.

 

Sebagaimana diketahui, lembaga yang memiliki jargon sebagai Sekolah Enterpreneur tersebut saat ini telah memiliki tiga jurusan atau program keahlian, diantaranya jurusan Perhotelan, Tata Boga serta Tata Busana. Sedangkan total jumlah anak didik SMK YPM 2 Taman sekarang mencapai 595 siswa.


https://jatim.nu.or.id/metropolis/gelar-mpls-ratusan-pelajar-smk-2-ypm-sidoarjo-surati-mendikbud-INJF0

Author: Zant