Gus Rozin Jelaskan Keistimewaan PCNU Lasem

Rembang, NU Online Jateng

 

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Abdul Ghaffar Rozin menyampaikan bahwa NU Cabang Lasem istimewa. Hal ini bukan saja karena menjadi bagian dari cabang pertama dan di bawah Kabupaten Rembang secara administratif, tetapi juga karena menjadi asal tiga muassis NU.

 

“Lasem ini adalah cabang istimewa. Keistimewaan Lasem bisa berimbas pada PWNU Jateng, dan kestabilan di Lasem bisa mempengaruhi kestabilan PWNU Jateng,” katanya dalam sambutan Konfercab XXI Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lasem yang dilaksanakan di Gedung LP Maarif Lasem, Rembang, Jawa Tengah, Ahad (21/7/2024).

 

Pertama, PCNU Lasem memiliki sejarah yang panjang. Pasalnya, NU cabang Lasem ini menjadi cabang yang disebut berdiri kesebelas atau bahkan kesembilan sejak NU didirikan pada seabad silam dalam perhitungan Hijriah.

 

“Lasem mempunyai sejarah yang panjang sehingga di Rembang terdapat dua PCNU, yaitu Lasem dan Rembang. Kalau tidak salah, Lasem lebih dulu berdiri daripada Rembang,” ujar Gus Rozin, sapaan akrabnya.

 

Selain itu, di Lasem juga, setidaknya ada tiga muasis Nahdlatul Ulama, yaitu KH Ma’shum Ahmad, KH Baidlowi Abdul Aziz, dan KH Kholil Masyhuri.

 

“Ini membuktikan bahwa Lasem adalah cabang yang luar biasa, barokahi,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Maslakhul Huda Kajen, Pati, Jawa Tengah itu.

 

Dalam kesempatan itu, Gus Rozin juga menyampaikan rasa syukur karena PCNU Lasem telah melaksanakan Konfercab tepat waktu.

 

“Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya tiba saatnya Lasem mengadakan konfercab tepat waktu, artinya sebelum masa khidmat Gus Din dan jajarannya habis dalam delapan hari ke depan. Jadi, ini adalah waktu yang tepat,” ujarnya.

 

Gus Rozin tersebut mengharapkan majelis konferensi yang diadakan PCNU Lasem bisa menghasilkan rekomendasi yang mendukung kepemimpinan yang baik.

 

“Majelis konferensi ini diharapkan menghasilkan kepemimpinan yang baik, bisa melanjutkan atau memilih yang baru,” tambahnya.

 

Lebih lanjut, Gus Rozin menambahkan bahwa majelis konferensi ini menjadi rekomendasi yang baik demi kemajuan PCNU Lasem maupun PWNU Jateng.

 

“Selain kepemimpinan yang baik, konferensi ini bisa menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang baik dan menjadi daya dorong PCNU Lasem serta PWNU Jateng,” katanya.

 

Konfercab PCNU Lasem ini dihadiri oleh Katib Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Sarmidi Husna, Rais Syuriyah PCNU Lasem KH M Roghib Mabrur, Ketua Tanfidziyah PCNU Lasem KH M Sholahudin Fatawi, jajaran pengurus PWNU, serta perwakilan lima Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Lasem, dan badan otonom NU Lasem.


https://jateng.nu.or.id/nasional/gus-rozin-jelaskan-keistimewaan-pcnu-lasem-Xj3ab

Author: Zant