GP Ansor Purworejo Bersama KPU Gelar Seminar Pemilu: Wujudkan Pemilih Muda Cerdas dan Berkualitas

Purworejo, NU Online Jateng 

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Purworejo bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo mengadakan seminar kepemiluan bertema “Pemilih Muda yang Cerdas dan Berkualitas Tidak Golput” menjelang Pemilukada serentak 2024 di Aula PCNU Purworejo pada Senin (22/7/2024).

Ketua PC GP Ansor Purworejo H Habib Anwar menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih muda dalam pemilukada. 

“Dengan harapan melalui seminar ini, para kader GP Ansor di Kabupaten Purworejo dapat lebih siap dan antusias dalam menyukseskan Pemilukada serentak 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Habib menjelaskan bahwa dalam seminar ini selain meningkatkan peran pemuda setempat juga membahas isu-isu strategis dan program pemberdayaan pemuda.

“Dalam sesi ini, para peserta membahas berbagai isu strategis yang akan diangkat, termasuk peningkatan peran pemuda dalam pembangunan daerah, penguatan jaringan antar cabang, serta program-program pemberdayaan pemuda yang dapat diterapkan di tingkat lokal,” ujarnya

Setelah seminar kepemiluan, acara dilanjutkan dengan pembahasan materi Konferwil GP Ansor Jawa Tengah yang akan digelar pada 31 Agustus 2024 di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Kota Semarang. Pembahasan ini mencakup persiapan dan agenda yang akan dibawa oleh delegasi GP Ansor Purworejo dalam konferensi tersebut.

Habib menambahkan Konferwil GP Ansor Jawa Tengah merupakan forum penting bagi seluruh cabang GP Ansor di Jawa Tengah untuk saling bertukar pikiran, merumuskan strategi, dan menentukan arah gerak organisasi ke depan. 

“GP Ansor Purworejo berkomitmen untuk mengusung program-program yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, serta berkontribusi aktif dalam merumuskan kebijakan yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan partisipasi pemuda di Jawa Tengah,” tambah Habib.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Purworejo Imam Turmudi memberikan pemaparan mendalam mengenai pentingnya partisipasi pemilih muda dalam pemilukada. Ia menekankan pentingnya menjadi pemilih yang cerdas dan berkualitas serta tidak golput. Para peserta mendapatkan pemahaman tentang proses pemilihan umum, pentingnya suara mereka, dan bagaimana menjadi pemilih yang bertanggung jawab.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua H Habib Anwar, Sekretaris H M Tashilul Manasik (Gus Ahil), serta segenap Pengurus Cabang GP Ansor Purworejo. Acara dimulai dengan doa yang dipimpin oleh Habib Muhammad Al Atas, Wakil Bendahara PC GP Ansor Purworejo.


https://jateng.nu.or.id/regional/gp-ansor-purworejo-bersama-kpu-gelar-seminar-pemilu-wujudkan-pemilih-muda-cerdas-dan-berkualitas-voDVy

Author: Zant