Pelantikan Pengurus PC Fatayat NU Wonogiri: Mewujudkan Kader Aktif, Kreatif, dan Produktif di Era Modernisasi

Wonogiri, NU Online Jateng 

Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Wonogiri mengadakan pelantikan dengan tema “Mewujudkan Fatayat NU yang Aktif, Kreatif, dan Produktif di Era Modernisasi” di Pendopo Kabupaten Wonogiri pada Minggu (28/7/2024). Acara ini bertujuan dapat mengoptimalkan peran kader dalam organisasi di tengah berbagai tantangan era modern.

Ketua PC Fatayat NU Wonogiri Yuni Astuti menegaskan pentingnya optimalisasi peran kader dalam organisasi. 

“Optimalisasi kader sangat diperlukan untuk mewujudkan kader Fatayat NU yang aktif, kreatif, dan produktif,” ujarnya. 

Yuni juga menambahkan bahwa tema pelantikan sekaligus menjadi visi misi PC Fatayat NU Wonogiri untuk masa bakti 2024-2029, dengan fokus pada isu-isu yang muncul di era modern ini. 

“Era modern dengan banyaknya problematika dan semakin canggihnya teknologi memunculkan banyak kasus, khususnya yang berkaitan dengan perempuan. Maraknya kasus kekerasan pada anak dan perempuan menjadi garapan kita sebagai kader Fatayat untuk ikut aktif dalam mencegah kasus-kasus tersebut,” tambahnya.

Sekretaris PW Fatayat NU Jawa Tengah Solkhah Mufrikhah yang melantik secara langsung, berharap PC Fatayat NU Wonogiri yang baru dapat bekerjasama dengan baik dengan stakeholder pemerintahan Wonogiri. 

“Fatayat NU memiliki peranan penting dalam mengawal pemudi-pemudi Nahdlatul Ulama agar terwujud cita-cita bersama,” ujarnya.

Harapan tersebut juga disampaikan oleh Wakil Ketua PW Fatayat NU Jawa Tengah bidang Politik, Hukum, dan Advokasi Atatin Mulihah.

“Kader Fatayat NU memiliki peranan penting dalam mensosialisasikan pencegahan stunting, mengawal program UNESCO, dan isu-isu kekerasan terhadap anak dan perempuan,” jelasnya.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar Fatayat NU dapat menciptakan generasi yang memiliki akhlakul karimah, dimulai dari lingkup keluarga. 

“Terdapat tiga hal yang menjadi acuan kita untuk membangun kerjasama dengan stakeholder pemerintah Wonogiri, yaitu penerapan undang-undang perlindungan anak dan perempuan, komitmen menurunkan angka stunting, dan transparansi dalam kerjasama,” kata Joko Sutopo. 

“Visi misi yang diusung oleh Pengurus PC Fatayat NU selaras dengan harapan saya untuk kemajuan pembangunan Wonogiri,” tambahnya.

Acara pelantikan ini tidak hanya menjadi momen formalitas, tetapi juga ajang memperkuat dan membangun kerjasama Fatayat NU dengan Pemerintah Wonogiri. Harapan besar pada kepengurusan yang baru adalah mampu membawa perubahan positif di era modernisasi ini dan meningkatkan kualitas kader yang aktif, kreatif, dan produktif untuk masyarakat luas.

Pelantikan ini dihadiri oleh Bupati Wonogiri, Wakil Bupati Wonogiri, Wakapolres, Dandim, Kepala Kesbangpol, Dinas PPKBP3A, jajaran Pengurus Cabang NU beserta badan otonom (banom) dan organisasi kewanitaan GOW Wonogiri.

Kontributor: Nur Alfianti


https://jateng.nu.or.id/regional/pelantikan-pengurus-pc-fatayat-nu-wonogiri-mewujudkan-kader-aktif-kreatif-dan-produktif-di-era-modernisasi-mdSk1

Author: Zant