MWCNU Jatinegara Akan Gelar Kirab Bendera Resolusi Jihad Peringati HSN 2024

Tegal, NU Online Jateng

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, akan menggelar Kirab Bendera Resolusi Jihad dalam rangka menyambut peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan HSN yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal.

Ketua Panitia HSN 2024 MWCNU Jatinegara, Ustadz Muamar menyampaikan bahwa kirab ini merupakan salah satu rangkaian acara utama pada peringatan HSN 2024 yang digelar oleh PCNU Kabupaten Tegal. 

“Bendera Resolusi Jihad akan mengelilingi seluruh kecamatan atau MWCNU se-Kabupaten Tegal. Tujuannya untuk membangkitkan semangat kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air di kalangan generasi muda,” ujarnya.

Rapat persiapan acara dipimpin oleh pengurus MWCNU Kecamatan Jatinegara, yang diinisiasi oleh Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) MWCNU Jatinegara dan digelar pada Sabtu malam, (12/10/2024), di Pondok Pesantren Raudlatul Jannah, Desa Cerih. 

Rapat tersebut menghasilkan beberapa keputusan. Pertama, bahwa kirab bendera akan dimulai dengan serah terima dari MWCNU Bojong pada Rabu, 16 Oktober 2024, pukul 15.00 WIB di pertigaan Desa Penyalahan.

Kedua, kirab ini akan melibatkan berbagai elemen Nahdlatul Ulama di Kecamatan Jatinegara, termasuk santri dari TPQ, MDT, serta siswa-siswi dari SMK Ma’arif NU Jatinegara dan MA Al-Ikhlas Cerih. Seluruh ranting NU di Kecamatan Jatinegara diminta untuk menyambut kirab dengan mengirimkan peserta beserta armada minimal satu mobil open cup.

Ketiga, setelah kirab selesai, acara akan dilanjutkan dengan istighosah kubro dan pengajian umum pada malam harinya, pukul 20.00 WIB, yang akan berlangsung di Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Cerih. Momen ini akan menjadi kesempatan untuk berdoa bersama, memohon keberkahan bagi bangsa dan umat.

Puncak kegiatan kirab akan berlangsung pada Kamis, 17 Oktober 2024, pukul 08.00 WIB. Serah terima bendera dari MWC Jatinegara ke MWC Slawi akan dilakukan dengan pengawalan dari Banom (Badan Otonom) NU, serta partisipasi santri dari SMK Grafika Jatinegara dan SMA Ma’arif NU Jatinegara.

Kirab Bendera Resolusi Jihad ini diharapkan menjadi simbol persatuan dan dedikasi santri, untuk mengingatkan kembali akan jasa para ulama dan santri dalam perjuangan kemerdekaan melalui Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy’ari. 

https://jateng.nu.or.id/regional/mwcnu-jatinegara-akan-gelar-kirab-bendera-resolusi-jihad-peringati-hsn-2024-MS5lN

Author: Zant