Semarak Kirab Bendera Resolusi Jihad Hari Santri 2024 di MWCNU Bojong

Tegal, NU Online Jateng 

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, menggelar Kirab Bendera Resolusi Jihad sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal, pada Rabu (16/10/2024). 

Kirab dimulai dengan serah terima Bendera Resolusi Jihad dari MWCNU Bumijawa kepada MWCNU Bojong di SMAN 1 Bojong pada pukul 11.00 WIB. Sebanyak 100 santri dari MWC Bojong menyambut bendera tersebut, diiringi oleh grup Marching Band MTs Al Azhar Tuwel. 

Ketua Panitia Hari Santri MWCNU Bojong, Ustadz Sopwan menegaskan bahwa kirab ini merupakan bagian dari upaya untuk meneguhkan kembali komitmen santri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus membangkitkan semangat jihad yang damai serta memperkokoh persatuan bangsa, terutama di kalangan santri.

“Kirab Bendera Resolusi Jihad ini diadakan sebagai pengingat akan pentingnya semangat jihad dalam membela bangsa dan negara,” ujarnya. 

Kirab Bendera Resolusi Jihad dilakukan secara estafet melalui sejumlah titik penting di wilayah Bojong, di antaranya Tugu Bawang Putih Tuwel, Pom Bensin Tuwel, Gedung MWCNU Bojong, Masjid Annur Bojong, dan Jembatan Kali Kupa. Setiap estafet akan dikawal oleh grup pengiring, mulai dari Banser, hingga Marching Band (MB) dari berbagai lembaga pendidikan seperti MB SMK Hasyim Asy’ari Bojong, MB MTs Hasyim Asy’ari Bojong, dan MB SMP Al Musyafa Bojong.

Di setiap titik pemberhentian, acara ini akan diisi dengan doa bersama sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama yang telah berjihad dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai patriotisme dan cinta tanah air di kalangan santri dan masyarakat umum.

Lebih dari itu, Sekretaris Panitia HSN 2024, Nasrul As’adani menuturkan bahwa kirab ini bertujuan untuk menjadi sarana mempererat ukhuwah Islamiyah di antara sesama warga Nahdlatul Ulama, khususnya di Kecamatan Bojong. 

“Kami berharap kirab ini mampu menguatkan persatuan dan menambah semangat juang santri dalam menjalankan perannya sebagai generasi penerus bangsa,” jelas Nasrul.

Kirab Bendera Resolusi Jihad di Kecamatan Bojong menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan oleh PCNU Kabupaten Tegal. Setelah kirab di Bojong, bendera akan diteruskan ke Kecamatan Jatinegara untuk diserahkan kepada MWCNU Jatinegara, sebagai bagian dari kirab estafet yang mencakup seluruh kecamatan di Kabupaten Tegal.

Kegiatan ini menjadi sarana untuk memperkuat kecintaan santri terhadap tanah air sekaligus refleksi akan pentingnya peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. 

https://jateng.nu.or.id/regional/semarak-kirab-bendera-resolusi-jihad-hari-santri-2024-di-mwcnu-bojong-V37qD

Author: Zant