Penuh Khidmat, PWNU Jatim Gelar Apel Hari Santri 2024

Jombang, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menggelar Apel Hari Santri 2024 di Lapangan Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Selasa (22/10/2024). 

 

Ketua PWNU Jatim, KH Abdul Hakim Mahfudz dalam amanahnya menyampaikan bahwa peringatan Hari Santri adalah sebuah momen yang sangat penting dalam perjalanan bangsa ini. Sebuah hari yang mengingatkan kita pada peran besar santri dalam sejarah panjang perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

 

“Tema Hari Santri 2024 adalah Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan, menggambarkan bagaimana kita sebagai generasi penerus harus meneruskan perjuang pendahulu sekaligus menatap masa depan dengan penuh harapan,” ujar Gus Kikin, sapaan akrabnya.

 

Ia menceritakan, bahwa sejarah telah mencatat peran santri tidak bisa dilepaskan dari perjuangan bangsa, sejak fatwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh Hadratussyeikh KH M Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945. Semangat juang santri dan ulama menjadi pondasi pokok keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

“Resolusi Jihad merupakan wujud kecintaan yang mendalam terhadap tanah air, perjuangan yang dilakukan para santri dan ulama pada saat itu tidaklah mudah, hingga mengukir sejarah dan mengantarkan kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

 

Gus Kikin menambahkan, tugas santri di era modern ini adalah mempertahankan nilai-nilai keislaman yang Rahmatan lil ‘Alamin.

 

“Kita juga harus menjadi garda terdepan dalam menyebarkan ajaran Islam yang penuh kasih bukan ajaran Islam yang memecah belah,” pungkasnya.

 


https://jatim.nu.or.id/matraman/penuh-khidmat-pwnu-jatim-gelar-apel-hari-santri-2024-xywU3

Author: Zant