Jakarta, NU Online
Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) membuka sebanyak 3.445 formasi untuk sekolah kedinasan yang akan diikuti oleh 8 kementerian/lembaga penyelenggara Sekolah Kedinasan 2024.
Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto menyampaikan, tujuan penerimaan seleksi sekolah kedinasan tahun ini adalah merekrut dan membuka kesempatan bagi talenta-talenta baru untuk memenuhi kebutuhan PNS yang memiliki kompetensi spesifik di bidang pengelolaan keuangan dan kekayaan negara; statistik, kepamongprajaan; keamanan siber dan persandian; keimigrasian dan pemasyarakatan; meteorologi, klimatologi dan geofisika; serta transportasi.
“Proses seleksi dilakukan secara online dan tes dilaksanakan dengan CAT yang dipastikan transparan dan akuntabel,” kata Haryomo, dikutip NU Online dari situs resmi BKN, pada Kamis (16/5/2024).
Berikut 8 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran dengan jumlah formasi yang dibutuhkan:
1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN BIN) sebanyak 400 formasi
2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kemendagri sebanyak 721 formasi
3. Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) sebanyak 723 formasi
4. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) BMKG sebanyak 120 formasi
5. Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebanyak 622 formasi
6. Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN) BSSN sebanyak 105 formasi
7. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 355 formasi
8. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebanyak 400 formasi.
Jadwal pendaftaran dan tahapan penerimaan
1. Pendaftaran sekolah kedinasan: 15 Mei-13 Juni 2024
2. Pengumuman seleksi: 14 Mei-28 Mei 2024
3. Pendaftaran seleksi: 15 Mei-13 Juni 2024
4. Seleksi administrasi: 15 Mei-17 Juni 2024
5. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 18 Juni-20 Juni 2024
6. Penarikan data final: 21 Juni-23 Juni 2024
7. Pembuatan kode billing PNBP: 24 Juni-26 Juni 2024
8. Pembayaran PNBP: 27 Juni-5 Juli 2024
9. Validasi data peserta yang membayar PBNP: 6 Juli-8 Juli 2024
10. Penjadwalan seleksi kompetensi dasar (SKD): 9 Juli-12 Juli 2024
11. Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat SKD: 13 Juli-17 Juli 2024
12. Pelaksanaan SKD: 18 Juli-6 Agustus 2024
13. Pengolahan nilai SKD: 23 Juli-9 Agustus 2024
14. Pengumuman hasil SKD: 10 Agustus-13 Agustus 2024
15. Pembuatan kode billing PNBP, seleksi lanjutan dengan CAT BKN: 14 Agustus-15 Agustus 2024
16. Pembayaran PNBP, seleksi lanjutan dengan CAT BKN: 16 Agustus-22 Agustus 2024
17. Validasi data peserta yang membayar PNBP seleksi lanjutan dengan CAT BKN: 23 Agustus-24 Agustus 2024
18. Penjadwalan seleksi lanjutan dengan CAT BKN: 25 Agustus-26 Agustus 2024.
Syarat dokumen pendaftaran
Terdapat beberapa dokumen yang perlu dilampirkan untuk mendaftarkan diri ke Sekolah Kedinasan 2024. Sebab terkadang, instansi dan jurusan tertentu juga memiliki persyaratan tambahan yang harus dipenuhi.
Berikut berkas-berkas persyaratan yang perlu disiapkan:
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Rapor SMA/sederajat
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.
Cara membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2024
1. Buka situs https://dikdin.bkn.go.id
2. Pilih opsi ‘buat akun’
3. Masukkan NIK, nomor Kartu Keluarga, tempat tanggal lahir sesuai dengan data KTP
4. Masukkan kode captcha yang terlampir
5. Setelah itu, klik ‘lanjutkan’
6. Lengkapi data alamat, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, email, password, pertanyaan dan keamanan, serta kode captcha
7. Unggah pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb, maksimal 200 kb
8. Klik ‘lanjutkan’
9. Klik tombol “proses pendaftaran akun”
10. Saat pendaftaran berhasil, cetak kartu informasi akun yang tertera
Cara mendaftar Sekolah Kedinasan 2024
1. Buka laman https://daftar-dikdin.bkn.go.id/login
2. Log in dengan NIK dan password yang telah didaftarkan
3. Unggah foto selfie
4. Lengkapi semua kolom
5. Klik ‘selanjutnya untuk ke halaman berikutnya
6. Pilih sekolah dan jenis formasi yang akan dilamar
7. Masukkan nilai rata-rata ijazah pada kolom
8. Unggah dokumen sesuai dengan persyaratan
9. Pilih ‘akhiri proses pendaftaran’ dan klik ‘iya’
10. Klik ‘cetak kartu pendaftaran DIKDIN’
11. Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan akan muncul