6230. MASUK SURGA KARENA RAHMAT ALLAH SWT, BUKAN KARENA AMAL

PERTANYAAN :

Assalamu’alaikum. Mau tanya, dalam surah apa yang menyebutkan masuk surga itu karena rahmat Allah? [Heri Tohari].

JAWABAN :

Wa’alaikumussalam. Allah berfirman dalam surah Ali Imron :
وَاَمَّا الَّذِيْنَ ابْيَضَّتْ وُجُوْهُهُمْ فَفِيْ رَحْمَةِ اللّٰهِ ۗ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ
Adapun orang-orang yang berwajah putih berseri, mereka berada dalam rahmat Allah (di surga). Mereka kekal di dalamnya. [Ali Imran : 107].
Ayat ini menggambarkan kegembiraan ahli surga atas rahmat Allah yang mereka terima. Dan adapun orang-orang yang beriman dan ahli ibadah, mereka mendapatkan kebahagiaan dan berwajah putih berseri, mereka berada dalam rahmat Allah di surga, dengan berbagai kesenangan, keindahan, dan kedamaian; mereka kekal di dalamnya. Itulah karunia Allah bagi mereka yang beriman dan menaati-Nya. 
Dalam ayat lain disebutkan :
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُولَٰئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Al Baqarah: 218).
 قُلۡ بِفَضۡلِ ٱللَّهِ وَبِرَحۡمَتِهِۦ فَبِذَ ٰ⁠لِكَ فَلۡیَفۡرَحُوا۟ هُوَ خَیۡرࣱ مِّمَّا یَجۡمَعُونَ 
Katakanlah (Nabi Muhammad), “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya itu, hendaklah mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan”. [Surat Yunus: 58]
Sebagaimana diketahui, kerasulan nabi Muhammad SAW adalah rahmat, bukan hanya bagi dirinya tetapi juga bagi umat manusia. Dengan rahmat itulah beliau menjadi orang pertama yang masuk surga dan dengan idzin Allah, beliau menjadi pemberi syafaat ‘uzhma.
Adapun penjelasan shorihnya ada pada hadis Jabir bin Abdillah radhiyallahu’anhu, disebutkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,
لَا يُدْخِلُ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ، وَلَا يُجِيرُهُ مِنَ النَّارِ، وَلَا أَنَا إِلَّا بِرَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ
“Tidak ada amalan seorangpun yang bisa memasukkannya ke dalam surga, dan menyelematkannya dari neraka. Tidak juga denganku, kecuali dengan rahmat dari Allah” (HR. Muslim no. 2817).
Ada sebuah kisah masyhur dari kitab Nashaihul Ibad karya Syaikh Nawawi al-Bantani tentang al-Ghazali. Diceritakan bahwa Imam Ghazali tampak dalam mimpi, maka ia ditanya “apa yang Allah lakukan kepadamu?” lalu ia menjawab “Allah membiarkanku di hadapan-Nya, kemudian Allah berkata, Kenapa Engkau dihadapkan kepada-Ku, apa yang engkau bawa Maka aku (al-Ghazali) menyebutkan segala amal-ibadahku. Tapi Allah menjawab “sesungguhnya Aku tidak menerima semua amal-ibadahmu, kecuali satu amal pada suatau hari ketika kamu membiarkan sesekor lalat hinggap di atas tintamu dan meminum tinta itu dari ujung penamu, serta engkau membiarkannya karena kasihan kepada lalat itu”. Kemudia Allah berkata “wahai malaikat, bawalah hambaku ini ke surga”. Fragmen Al-Ghazali ini menunjukkan kepada kita bahwa posisi rahmat Allah itu sangat rahasia. Ia bisa terdapat bentangan amal kita yang tidak kita ketahui persisnya. Beratus-ratus kitab karya al-Ghazali, bertahun-tahun ibadahnya, tetapi rahmatnya malah terdapat di tinta pada ujung penanya Bukankah secara logika ratusan karya itu lebih bernilai? Tidak demikian. Rahmat-Nya tidak dapat dikalkulasi, diprediksi dan diperinci karena rahmat itu adalah hak prerogatif milik-Nya.
Oleh karena itulah kita diajari sebuah do’a yang sangat masyhur:
 ارحمنا ياالله لان رحمتك أرجى لنا من جميع أعمالنا, واغفر لنا ياالله لان مغفرتك اوسع من ذنوبنا . 
Ya Allah kasihanilah kami, karena rahmat-Mu lebih kami harapkan dari pada semua amal kami. Dan ampunilah kami, karena pengampuanan-Mu lebih luas dari pada dosa-dosa kami.
Setiap insan dan setiap hamba memepunyai caranya sendiri bagaimana ia memperoleh rahmat dan ridho Allah Swt, tidak melulu bagi mereka yang sehari-harinya beraktivitas dan hidup dalam lingkungan agamis, melainkan rahmat Allah itu ada dimana-mana dan dapat diraih dengan cara apa saja.
Rahmat itu kadang berada pada amal-amal yang sepele, bisa saja rahmat itu terletak dalam diri anak-anak jalanan yang menengadah minta uluran tangan pada hadapan kita, atau bisa saja pada mereka yang jualan koran dijalanan, dan juga mungkin rahmat itu terletak dalam amal kita, ketika tak sengaja melihat paku dijalan lalu kita membuangnya. Wal hasil sekecil apapaun amal itu tidak boleh kita sepelekan.
Maka dari itu rahmat Allah itu berada dimana saja dalam amal baik yang kita perbuat. Jangan mudah menganggap profesi orang atau pekerjaan orang yang kita anggap jauh dari nilai agama, belum tentu dimata sang pencipta itu jauh dari nilai agama, bisa saja disitu adanya rahmat Allah. Seperti kisah seorang wanita penzina yang diampuni karena amalannya memberi minum Anjing yang kehausan di tengah gurun pasir.
Dari Abu Hurairah, Nabi shallAllahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَنَّ امْرَأَةً بَغِيًّا رَأَتْ كَلْبًا فِى يَوْمٍ حَارٍّ يُطِيفُ بِبِئْرٍ قَدْ أَدْلَعَ لِسَانَهُ مِنَ الْعَطَشِ فَنَزَعَتْ لَهُ بِمُوقِهَا فَغُفِرَ لَهَا
“Ada seorang wanita pezina melihat seekor anjing di hari yang panasnya begitu terik. Anjing itu menngelilingi sumur tersebut sambil menjulurkan lidahnya karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya (lalu menimba air dengannya). Ia pun diampuni karena amalannya tersebut.” (HR. Muslim no. 2245).
Dari kisah itu kita tahu bahwa rahmat Allah itu ada dan berlaku bagi siapa saja, setiap insan punya caranya sendiri, orang yang kerja sebagai Petani, rahmat Allah berada dalam usahanya yang sabar merawat dan menunggu hasil panen, orang yang kerja sebagai Nelayan, rahmat Allah berada dalam usahanya tabah mengarungi lautan demi menghidupi keluarganya, orang yang kerja sebagai penyapu jalanan, rahmat Allah ada dalam usahanya membuat jalanan terlihat rapih dan bersih.
Kita menganalogikan bukan lima tambah lima, karena hasilnya sudah pasti sepuluh, namun berapa tambah berapa supaya hasilnya sepuluh, bisa delapan tambah dua, bisa enam tambah empat, bisa tujuh tambah tiga, ini mengartikan bahwa banyak cara kita sebagai hamba untuk mendapatkan rahmat dan ridhonya Allah, tergantung bagaimana kita bersikap, dan niat dalam menjalankan apa yang kita lakukan.
Hadits Innamal A’malu binniyati :
عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
Dari Umar, bahwa Rasulullah shallAllahu alaihi wasallam bersabda: “Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan.” (HR. Bukhari) [ No. 54 Fathul Bari] Shahih.
Mengenai rahmat Allah dapat diperoleh dengan cara apa saja, bagi orang yang taat menjalankan perintah Allah dan taat kepada Allah dalam menjauhi larangan-larangan-Nya dengan kesadaran dan niat ta’abbud merupakan esensi dari takwa kepada Allah swt. Apabila seorang hamba sudah bertakwa, maka sudah barang tentu Allah akan ridho kepadanya. Dan jika Allah telah ridho kepada seorang hamba, maka Allah akan menyayanginya dan merahmatinya. Namun perlu kita ingat pesan baginda Rasulullah Saw, ia berpesan sesungguhnya tidak ada seorang hamba yang masuk surga murni karena amal ibadahnya. Ini bukan berarti Allah menyia-nyiakan amal ibadah hamba-Nya.
Manusia bisa selamat dan bahagia di akhirat itu karena rahmat dan kasih sayang Allah.
Rasulullah mengabarkan sebanyak apapun ibadah yang dilakukan seorang hamba, tidak akan cukup ditukar dengan nikmat-nikmat yang dianugerahkan Allah kepadanya. Maka dari itu, sangat diperlukan keikhlasan dan ketulusan dalam menjalani ibadah yang dilakukan oleh setiap hamba, tidak boleh sombong dan merasa paling alim dan layak masuk surga karena telah banyak beribadah. Justru ketika seseorang mengaku dan merasa telah banyak beribadah sesungguhnya ia bukanlah seorang ahli ibadah.
Apalagi jika ia merasa lebih baik dan lebih shaleh dari orang lain, maka sesungguhnya ia telah terkena penyakit ujub yang justru bisa menjauhkannya dari rahmat Allah. Padahal rahmat dan kasih sayang Allah itulah yang bisa menyelamatkannya dari nasib buruk di hari kiamat. Bukan semata amal ibadahnya. Oleh karena itu, selain menyuruh hambanya untuk ikhlas dalam beribadah, Allah memerintahkan kepada kita untuk memiliki sifat rahmat atau kasih sayang kepada sesama makhluk Allah. Tentu bukan kebetulan ketika sifat Allah yang maha pengasih dan penyayang merupakan sifat-sifat Allah yang paling banyak kita ucapkan setiap hari. Setiap hari, ketika sholat maupun ketika kita hendak mengerjakan sesuatu, kita mengucapkan kata bismillahirrahmanirrahiim.
Allah sendiri telah menyatakan bahwa rahmat dan kasih sayangnya meliputi segala sesuatu atau semua makhluknya; makhluk hidup maupun benda mati. Kasih sayang Allah juga meliputi semua manusia, baik mereka beriman atau ingat. Allah juga menyatakan bahwa rahmat-Nya didahulukan atas murka-Nya. Di dalam memperlakukan hamba-Nya, seburuk apapun dia, Allah mendahulukan sifat rahmatnya dari murkanya. Sebab itu, Allah tidak pernah bosan memberi ampun kepada hambanya yang telah bermaksiat. Bahkan ketika seorang hamba itu berulang kali bersalah dan berulang kali pula bertaubat. Allah menyatakan Dia tidak akan pernah bosan menerima taubat hambanya, sampai hamba tersebut yang bosan bertaubat. Wallohu a’lam. [ Ali Mahrus, Fatchun Ni’am, Aryl Furqan Aswar, Dani Ibrohim, KH. Afifuddin Muhajir, Mustofa Smile Kamal ].

LINK ASAL :

https://www.piss-ktb.com/2024/05/6230-masuk-surga-karena-rahmat-allah-swt.html

Author: Zant